Jun 2, 2011

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Al Qur'an

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Al Qur'an



Judul Buku : Melacak Teori Einsten dalam Alquran

Penulis : Wisnu Arya Wardhana

Penerbit : Pustaka Pelajar

Cetakan : Ketiga, 2008











Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Tanpa ilmu pengetahuan dan teknologi, kehidupan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Selain itu, IPTEK wajib untuk dipelajari. Mengapa belajar IPTEK itu wajib? Jawabannya, karena kehidupan padazaman modern ini manusia tidak dapat lepas dari masalah IPTEK. Dalam kehidupan yang sudah sedemikian majunya, manusia dapat hidup nyaman dan tentram karena kemajuan IPTEK. Memang bukan hanya IPTEK saja yang bisamembuat kehidupan ini menjadi nyaman dan tentram, namun juga ada faktor lain yang mengikutinya yaitu IMTAQ, iman dan taqwa.

Harus diakui bahwa kehidupan umat manusia pada saat ini dapat menjadi lebih baik dan mudah karena peran IPTEK yang sudah sangat maju. Sekarang ini orang mudah untuk berkomunikasi karena adanya kemajuan IPTEK dalam bidang komunikasi. Pesawat televisi, telepon genggam, faksimile, dan E-mail adalah sarana yang digunakan orang untuk berkomunikasi pada zaman modern saat ini.

Jadi IPTEK sangat dibutuhkan oleh umat manusia pada zaman sekarang. Salah satu revolusi yang paling spektakuler dalam IPTEK adalah teori-teori Einsten. Namun, pernahkah terlintas dalam pikiran Anda bahwa teori Einstein yang dianggap sebagai kehebatan daya pikir manusia pada abad 20 sebenarnya sudah tersirat dalam naskahkuno yang ditulis pada 15 abad yang lalu? Selain daripada itu, banyak orang yang tidak tahu bahwa Einstein yang dianggap sebagai manusia yang paling jenius pada abad 20 dalam bidang fisika dan penerima hadiah nobel fisika, ternyata tidak lulus SMP? Jika demikian, Einstein termasuk siswa yang tidak cemerlang otaknya. Ya memang begitulah. Bahkan untuk masuk perguruan tinggi pada waktu itu beliau terpaksa harus mengikuti test sampai 2 kali baru bisa diterima. Lebih jauh lagi, teoti Einstein yang jauh menerawang ke masa depan ternyata pada waktu itu sulit dipahami oleh para fisikawan yang ahli sekalipun, apalagi untuk dapat dipahami oleh orang awam, tentu lebih sulit lagi untuk dapat dipahami. Namun teori Eintein itu ada benarnya, bahkan dapat memberi manfaat bagi kesejahteraan umat manusia, sehingga akhirnya teori Einstein diakui oleh para ahli. Teori Einstein yang akan dibahas dalam buku ini ada 3 macam, akan tetapi dari ketiga macam teori Einstein itu yang lebih umum dikenal orang adalah teori relativitas Einstein yang membuat beliau sangat terkenal dan dikagumi sebagai ilmuwan terbesar sepanjang abad.

Buku Alquran dan Teori Einstein ini ditulis dalam rangka menambah wawasan para pembaca mengenai kemajuan IPTEK terutama kehebatan ayat-ayat Alquran yang diturunkan 15 abad yang lalu. Terbukti sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir masa kini.

Selain itu, buku ini ditulis dalam bahasa yang sederhana agar mudah dipahami oleh para pembaca yang berlatar belakang pendidikan dan pengetahuan beragam. Kutipan ayat-ayat Alquran dan Hadist Nabi yang digunakan dalam buku ini ditulis dalam bentuk terjemahan supaya mudah dipahami oleh pembaca yang belum mengenal tulisan dan bahasa Arab. Bagi pembaca yang ingin mendalami lebih lanjut, disertakan nomor surat dan ayat supaya mudah menelusuri kembali dalam kitab suci Alquran.

-Cerdas, I
Share This

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah memberikan komentar! :)

Tentang Kami

www.Rafeyu.info lebih banyak membahas tentang dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi. Baca lebih banyak


Didukung:

Komentar Terakhir

Seputar Linux

Distributed By Free Blogger Templates | Designed By Seo Blogger Templates